Artikel
Artikel
AI dan Automasi dalam Jasa IT: Tren yang Tak Terbendungkan
Techno | 09 December 2025

Sumber: freepik.com
Hadirnya Artificial Intelligence (AI) membuat sektor teknologi memasuki fase percepatan yang paling signifikan dalam satu dekade terakhir. Hadirnya AI dan penggunaannya untuk automasi membuat sistem kerja manual yang dikerjakan dalam ratusan jam tergantikan dan dapat dikerjakan dalam hitungan menit bahkan detik. Perusahaan dari berbagai sektor industri mulai menyadari bahwa AI bukan lagi sekedar “keren-kerenan” tetapi menjadi daya saing masa depan perusahaan. Pada titik inilah peran jasa IT menjadi sangat krusial yang bukan hanya berperan sebagai pembuat sistem, tetapi sebagai penggerak transformasi berbasis AI dan automasi.
Mengapa AI Menjadi Kebutuhan Utama Perusahaan?
AI tidak lagi dianggap sebagai teknologi futuristik. Saat ini AI sudah menjadi pondasi utama bagi perusahaan yang ingin bekerja lebih cepat, lebih akurat, dan lebih hemat biaya. Ada beberapa alasan mengapa AI sudah menjadi kebutuhan utama bagi perusahaan, terutama penggunaan AI untuk mengotomasi pekerjaan.
Volume Pekerjaan Semakin Besar
Seiring dengan bertumbuh dan berkembangnya perusahaan menjadi lebih besar, volume transaksi, data, dokumen, hingga kebutuhan pelanggan juga ikut bertambah. Dengan bertambahnya segala hal tersebut, proses pengolahan secara manual sudah tidak relevan lagi karena dibutuhkan source yang besar hanya untuk melakukan pekerjaan berulang.
Tuntutan Efisiensi yang Tinggi
Kondisi ekonomi Indonesia di tahun 2025 hingga 2026 sedang mengalami penurunan daya beli masyarakat. Kondisi ini membuat banyak perusahaan dituntut untuk melakukan efisiensi baik dari segi operasional maupun dari segi biaya. Perusahaan dituntut untuk menambah output yang dihasilkan tanpa menambah sumber daya, membuat automasi menjadi satu-satunya cara realistis untuk mencapai hal ini.
Kebutuhan Kecepatan Pengambilan Keputusan
Dalam memutuskan suatu permasalahan atau keputusan, perusahaan harus mengambil keputusan tersebut berbasis data. AI mampu mengolah data yang bervolume besar dalam waktu yang singkat, membuat keputusan yang diambil dapat lebih cepat, serta akurat.
Risiko Human Error
Ketika proses input dan verifikasi masih dilakukan secara manual, besar peluang terjadinya human error. Kesalahan ini dapat berdampak pada kerugian finansial atau reputasi perusahaan. Automasi proses melalui AI hadir sebagai solusi untuk menghilangkan risiko tersebut.
Baca Juga: Jasa IT untuk Startup: Kunci Skalabilitas dan Efisiensi
Bagaimana Jasa IT Menggunakan AI untuk Membantu Perusahaan
Jasa IT profesional memanfaatkan AI untuk mengubah proses operasional manual menjadi terautomasi sehingga menjadi lebih cepat, rapi, dan efisien.
Automasi Proses Operasional
Pekerjaan manual seperti input data, validasi kontak, hingga approval dapat diotomatisasi. Workflow automation menjadikan proses yang sebelumnya memakan waktu berjam-jam berubah menjadi hitungan menit.
Document Processing
Teknologi OCR berbasis AI membuat ekstraksi dokumen tidak hanya sekedar membaca dokumen saja, tetapi memahami struktur dan konteks yang membuat OCR berbasis AI akan tetap dapat mengekstrak dokumen walaupun foto yang di scan tidak sesuai yang diminta (miring, terpotong, sedikit blur).
AI-Based Decision Support
AI mampu menganalisis pola data, memprediksi perilaku pengguna, hingga memberikan rekomendasi bisnis melalui analisa data mendalam untuk membantu perusahaan mengambil keputusan lebih cepat.
Automasi Interaksi Pelanggan
Jasa IT dapat membantu perusahaan Anda untuk membuat chatbot berbasis AI untuk customer journey yang dapat mempercepat layanan tanpa harus menambah tim secara besar-besaran.
Manfaat Nyata Penggunaan AI & Automasi
Perusahaan yang memanfaatkan jasa IT untuk mendevelop teknologi AI buat perusahaan mereka merasakan manfaat seperti:
1. Efisiensi operasional meningkat
2. Human error menurun
3. Proses pekerjaan lebih cepat, akurat, dan real time
4. Biaya operasional menurun karena tidak perlu menambah banyak SDM
Dengan kata lain, AI bukan hanya mengurangi pekerjaan manual, tetapi menciptakan kultur kerja yang lebih modern dan data driven.
Kapan Perusahaan Harus Mulai Menggunakan AI
Jika perusahaan Anda mulai mengalami beberapa hal berikut, berarti sudah waktunya Anda beralih ke AI.
1. Volume dokumen atau data mulai sulit ditangani tim
2. Banyak pekerjaan repetitif
3. Proses operasional sering menjadi bottleneck
4. Data tidak rapi
5. Ingin menekan biaya operasional
6. Ingin mempercepat proses scale-up atau ekspansi
Jika beberapa poin di atas sudah muncul, perusahaan sudah berada di fase siap mengadopsi teknologi AI.
AI & Automasi Bersama Berijalan
AI dan automasi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi. Namun, AI dan automasi baru akan efektif jika dibangun berdasarkan kebutuhan bisnis masing-masing perusahaan, bukan hanya untuk sekedar ikut-ikutan tren. Di sinilah Berijalan menjadi pembeda.
Berijalan tidak hanya sekedar membuat solusi berbasis AI, tetapi memastikan setiap implementasi benar-benar menyelesaikan masalah perusahaan. Berijalan menggabungkan antara kemampuan teknis yang tinggi dengan analisa masalah perusahaan yang akurat, sehingga solusi yang dihasilkan adalah solusi yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Berijalan telah berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan dalam mencapai efisiensi bisnis melalui penerapan teknologi AI. ACC, FIFGroup, Komatsu Astra Finance, Bank Saqu, dan banyak perusahaan lainnya adalah contoh perusahaan yang telah bekerja sama dan merasakan nikmatnya efisiensi operasional bisnis.
Ingin melihat bagaimana jasa membantu Anda menerapkan AI untuk mengubah operasional perusahaan Anda?
Konsultasikan kebutuhan Anda secara gratis dan temukan solusi AI yang paling relevan untuk menyongsong masa depan bisnis Anda.