Strategi Web Development untuk Menambah Leads dan Konversi Bisnis

Techno | 22 September 2022

Sumber : Pexels

 

Seiring perkembangan teknologi yang terus maju, peran website bagi sebuah bisnis menjadi hal yang krusial.  Pasalnya, website mampu menjangkau pasar lebih luas dan membuka peluang bisnis semakin besar. Itulah mengapa web development atau proses pengembangan website menjadi hal yang sangat penting dilakukan bagi perusahaan. 

 

Website development adalah berbagai upaya yang dilakukan untuk pemeliharaan dan pembangunan situs agar kinerjanya lebih optimal. Proses dalam web development meliputi desain web, pengembangan konten web, pembuatan script situs web, serta pengaturan keamanan jaringan.


Semua sektor lini usaha membutuhkan situs web yang intuitif, fungsional, dan menarik di mata konsumen. Maka dari itu, penting untuk memahami pentingnya web development dan beberapa strategi yang mendukung pengembangan situs yang lebih maksimal.

 

Pentingnya Web Development bagi Bisnis

 

  • Meningkatkan kesadaran merek untuk bisnis. Saat ini, website merupakan citra digital suatu perusahaan. Oleh karena itu, memiliki desain dan kinerja situs web yang baik sangat penting untuk dioptimalkan. Website membuat bisnis lebih dikenal luas, dan membantu calon pelanggan menjadi lebih paham akan produk yang ditawarkan.
  • Menarik keterlibatan dari pelanggan potensial dengan perusahaan. Pengembangan web juga melibatkan pengembangan konten. Berbagai konten berkualitas yang disajikan dalam website dapat membantu konsumen menjadi lebih terhubung dengan bisnis. Meningkatkan lalu lintas pencarian di SERP. Mengoptimalkan SEO website dapat memaksimalkan kunjungan situs dan meningkatkan traffic serta konversi.
  • Meningkatkan kinerja situs web. Pengembangan back-end website bertujuan untuk mengelola kode-kode yang ada di dalam situs, server website, program, dan software agar semua fitur tersebut dapat bekerja dengan baik.
  • Increasing brand awareness for the business. Nowadays, a website is a company's digital image. Therefore, having a good website design and performance is crucial to optimize. A website makes the business more widely known, and it helps potential customers become more aware of the prod.

Strategi Menjalankan Web Development bagi Bisnis
 

Sumber: Pexels

 

Lebih dari sekadar mengetahui manfaat website development, penting untuk memahami strategi menjalankan pengembangan website untuk bisnis. Jika Anda sebagai pemilik bisnis hendak menjalankan strategi web development untuk menambah leads dan konversi bisnis, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda:

 

1. Siapkan Rencana Pengembangan Website 

Sebelum memulai pengembangan, siapkan terlebih dahulu rancangan agar pengembangan lebih terarah. Pastikan pengembangan web mendukung tujuan-tujuan strategi bisnis secara keseluruhan. Identifikasi prioritas dari tujuan bisnis. Setelah perencanaan, barulah memulai proses pengembangan situs. 

 

2. Pahami Audiens dan User Intent

Identifikasi target audiens bisnis dan lakukan penelitian pada target audiens untuk menemukan beberapa informasi yang dapat diterapkan langsung ke bisnis. Untuk keperluan pengembangan website, hal ini diperlukan demi memastikan strategi konten yang tepat dan relevan untuk audiens dan calon konsumen.

Pahami bagaimana audiens ingin berinteraksi dengan brand. Gunakan berbagai metode komunikasi yang berbeda untuk mendekati audiens. Beberapa implementasi pada website yang bisa dimanfaatkan seperti:

  • Menambahkan fitur chat ke layanan customer atau chatbot
  • Memasukkan fitur kalender agar pengguna bisa melakukan booking konsultasi atau janji temu
  • Menambahkan informasi kontak dan form ke beberapa halaman dalam website
  • Jika perusahaan bergerak di bidang SaaS, tambahkan opsi bagi pengguna untuk melihat demo software atau produk yang ditawarkan

Selain memahami audiens dan menerapkan metode pendekatan, pendalaman tentang user intent atau tujuan penelusuran juga perlu dilakukan. Ada beberapa user intent yang umumnya ditemui, berikut di antaranya: 

  • Navigational: pengguna ingin mencari tahu situs tertentu dan mengaksesnya
  • Informational: pengguna bertujuan mencari dan mengumpulkan informasi atau pengetahuan dalam satu bidang tertentu 
  • Commercial: bertujuan membeli atau membantu menemukan informasi dengan untuk tujuan transaksi.
  • Transactional: pengguna ingin melakukan aktivitas transaksi yang difasilitasi dalam website.

3. Buat Perencanaan Desain Web

Merancang desain tampilan website adalah hal yang penting. Pasalnya, website yang bagus diawali dari rancangan tampilan website yang user-friendly dan menarik. Untuk merencanakan tampilan website, penting untuk membuat desain wireframe dan sitemap website.

 

Wireframe atau desain visual antarmuka meliputi berbagai elemen desain yang ada pada website, seperti penggunaan warna, visual, logo dan sebagainya. Sementara sitemap merupakan gambaran yang mengatur hubungan antar halaman-halaman yang ada dalam website.  Dengan begitu, Anda dapat menilai tingkat kemudahan pengguna untuk menemukan informasi atau layanan dalam website.


Buat perencanaan tentang halaman apa saja yang dibutuhkan, misalnya profil perusahaan, kontak, layanan dan produk. Bagaimana pengelompokan berbagai halaman dalam kategori-kategori tertentu. Seperti apa penyusunan hierarki website dan kategori sub kategori dalam sitemap.  Perencanaan ini harus dilakukan sebaik mungkin. Sebab, memperbaiki masalah struktural website setelah selesai dibangun relatif menghabiskan banyak biaya.

 

4. Optimalkan Mobile Experience

Website yang bagus adalah website yang memiliki desain responsive dan mobile-friendly. Artinya, tampilan situs web harus bisa menyesuaikan dengan seluruh perangkat yang digunakan. Mengingat banyaknya trafik kunjungan website yang berasal dari mobile, pengoptimalan mobile experience website sangat penting dilakukan. 

Sejak tahap awal perancangan desain website, pendekatan copywriting, desain dan pengoptimalan konversi dari perspektif mobile harus sudah direncanakan. jika Anda ingin menarik perhatian dari audiens Anda, buat itu menjadi singkat dan sederhana.


Dari segi user experience (UX) website secara keseluruhan juga perlu dipertimbangkan. Untuk mempertahankan pengguna serta memaksimalkan jumlah konversi dan leads, perusahaan perlu memastikan bahwa konsumen dapat mencapai tempat yang mereka butuhkan dengan navigasi yang singkat dan sederhana.

 

5. Manfaatkan Strategi Content Marketing

Saat ini, konten menjadi suatu hal yang penting untuk menarik engagement audiens. Sama halnya dengan website, tanpa konten di dalamnya, website kurang memiliki value di mata konsumen. 

 

Jika ingin mendapatkan trafik, leads dan konversi bisnis lebih banyak dari website, Anda perlu melakukan strategi yang tepat, salah satunya dengan content marketing. Konten dapat mengarahkan trafik sebanyak mungkin dan mengonversi pengguna di situs web. 


Kunci sukses content marketing adalah menyediakan konten yang bermanfaat bagi audiens. Beberapa strategi konten yang bisa dimanfaatkan pada website seperti blog, video, eBook, podcast, unduhan PDF, dan sebagainya. Dengan strategi ini, bisnis dapat menyampaikan pesan dan menceritakan kisah dari brand secara konsisten, sambil menginspirasi konsumen untuk mengambil tindakan.

 

6. Mengoptimalkan SEO Website

Selain strategi pemasaran konten, cara yang efektif untuk dapat mengarahkan trafik ke situs web adalah melalui optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization. SEO merupakan serangkaian upaya untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, seperti Google misalnya.


Ada banyak aspek yang dilakukan untuk pengoptimalan SEO website. Mulai dari SEO on-page, off-page hingga technical SEO.  Di luar ketiga aspek tersebut, perusahaan juga perlu menjalankan strategi web development dengan cara  mengaudit situs kompetitor.

 

7. Debugging dan Quality Control

Melakukan pemantauan dan pemeliharaan secara rutin terhadap website tentu menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Debugging dan quality control memainkan peran yang penting dalam proses web development. 

 

Kesalahan seperti bug, gangguan pada sistem server dan hal-hal teknis lainnya memang tak bisa dihindari. Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan dan pemeliharaan yang rutin untuk menjaga kualitas performa website tetap maksimal. 


Bagi perusahaan, gunakan perangkat lunak yang memungkinkan seluruh tim bisa berkoordinasi dan mengakses file secara mandiri. Dengan begitu, penguji dan pengembang dapat mengedit dokumen secara bersamaan.

 

Kesimpulan 

Bagi Anda pemilik bisnis yang hendak meningkatkan brand awareness dan visibilitas perusahaan, strategi pengembangan website di atas dapat menjadi langkah yang tepat untuk membantu mensukseskan tujuan tersebut. Jika bisnis Anda belum memiliki website, segera rencanakan dan gunakan layanan techno center dari berijalan.

Strategi Web Development untuk Menambah Leads dan Konversi Bisnis

Techno | 22 September 2022

Sumber : Pexels

 

Seiring perkembangan teknologi yang terus maju, peran website bagi sebuah bisnis menjadi hal yang krusial.  Pasalnya, website mampu menjangkau pasar lebih luas dan membuka peluang bisnis semakin besar. Itulah mengapa web development atau proses pengembangan website menjadi hal yang sangat penting dilakukan bagi perusahaan. 

 

Website development adalah berbagai upaya yang dilakukan untuk pemeliharaan dan pembangunan situs agar kinerjanya lebih optimal. Proses dalam web development meliputi desain web, pengembangan konten web, pembuatan script situs web, serta pengaturan keamanan jaringan.


Semua sektor lini usaha membutuhkan situs web yang intuitif, fungsional, dan menarik di mata konsumen. Maka dari itu, penting untuk memahami pentingnya web development dan beberapa strategi yang mendukung pengembangan situs yang lebih maksimal.

 

Pentingnya Web Development bagi Bisnis

 

  • Meningkatkan kesadaran merek untuk bisnis. Saat ini, website merupakan citra digital suatu perusahaan. Oleh karena itu, memiliki desain dan kinerja situs web yang baik sangat penting untuk dioptimalkan. Website membuat bisnis lebih dikenal luas, dan membantu calon pelanggan menjadi lebih paham akan produk yang ditawarkan.
  • Menarik keterlibatan dari pelanggan potensial dengan perusahaan. Pengembangan web juga melibatkan pengembangan konten. Berbagai konten berkualitas yang disajikan dalam website dapat membantu konsumen menjadi lebih terhubung dengan bisnis. Meningkatkan lalu lintas pencarian di SERP. Mengoptimalkan SEO website dapat memaksimalkan kunjungan situs dan meningkatkan traffic serta konversi.
  • Meningkatkan kinerja situs web. Pengembangan back-end website bertujuan untuk mengelola kode-kode yang ada di dalam situs, server website, program, dan software agar semua fitur tersebut dapat bekerja dengan baik.
  • Increasing brand awareness for the business. Nowadays, a website is a company's digital image. Therefore, having a good website design and performance is crucial to optimize. A website makes the business more widely known, and it helps potential customers become more aware of the prod.

Strategi Menjalankan Web Development bagi Bisnis
 

Sumber: Pexels

 

Lebih dari sekadar mengetahui manfaat website development, penting untuk memahami strategi menjalankan pengembangan website untuk bisnis. Jika Anda sebagai pemilik bisnis hendak menjalankan strategi web development untuk menambah leads dan konversi bisnis, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda:

 

1. Siapkan Rencana Pengembangan Website 

Sebelum memulai pengembangan, siapkan terlebih dahulu rancangan agar pengembangan lebih terarah. Pastikan pengembangan web mendukung tujuan-tujuan strategi bisnis secara keseluruhan. Identifikasi prioritas dari tujuan bisnis. Setelah perencanaan, barulah memulai proses pengembangan situs. 

 

2. Pahami Audiens dan User Intent

Identifikasi target audiens bisnis dan lakukan penelitian pada target audiens untuk menemukan beberapa informasi yang dapat diterapkan langsung ke bisnis. Untuk keperluan pengembangan website, hal ini diperlukan demi memastikan strategi konten yang tepat dan relevan untuk audiens dan calon konsumen.

Pahami bagaimana audiens ingin berinteraksi dengan brand. Gunakan berbagai metode komunikasi yang berbeda untuk mendekati audiens. Beberapa implementasi pada website yang bisa dimanfaatkan seperti:

  • Menambahkan fitur chat ke layanan customer atau chatbot
  • Memasukkan fitur kalender agar pengguna bisa melakukan booking konsultasi atau janji temu
  • Menambahkan informasi kontak dan form ke beberapa halaman dalam website
  • Jika perusahaan bergerak di bidang SaaS, tambahkan opsi bagi pengguna untuk melihat demo software atau produk yang ditawarkan

Selain memahami audiens dan menerapkan metode pendekatan, pendalaman tentang user intent atau tujuan penelusuran juga perlu dilakukan. Ada beberapa user intent yang umumnya ditemui, berikut di antaranya: 

  • Navigational: pengguna ingin mencari tahu situs tertentu dan mengaksesnya
  • Informational: pengguna bertujuan mencari dan mengumpulkan informasi atau pengetahuan dalam satu bidang tertentu 
  • Commercial: bertujuan membeli atau membantu menemukan informasi dengan untuk tujuan transaksi.
  • Transactional: pengguna ingin melakukan aktivitas transaksi yang difasilitasi dalam website.

3. Buat Perencanaan Desain Web

Merancang desain tampilan website adalah hal yang penting. Pasalnya, website yang bagus diawali dari rancangan tampilan website yang user-friendly dan menarik. Untuk merencanakan tampilan website, penting untuk membuat desain wireframe dan sitemap website.

 

Wireframe atau desain visual antarmuka meliputi berbagai elemen desain yang ada pada website, seperti penggunaan warna, visual, logo dan sebagainya. Sementara sitemap merupakan gambaran yang mengatur hubungan antar halaman-halaman yang ada dalam website.  Dengan begitu, Anda dapat menilai tingkat kemudahan pengguna untuk menemukan informasi atau layanan dalam website.


Buat perencanaan tentang halaman apa saja yang dibutuhkan, misalnya profil perusahaan, kontak, layanan dan produk. Bagaimana pengelompokan berbagai halaman dalam kategori-kategori tertentu. Seperti apa penyusunan hierarki website dan kategori sub kategori dalam sitemap.  Perencanaan ini harus dilakukan sebaik mungkin. Sebab, memperbaiki masalah struktural website setelah selesai dibangun relatif menghabiskan banyak biaya.

 

4. Optimalkan Mobile Experience

Website yang bagus adalah website yang memiliki desain responsive dan mobile-friendly. Artinya, tampilan situs web harus bisa menyesuaikan dengan seluruh perangkat yang digunakan. Mengingat banyaknya trafik kunjungan website yang berasal dari mobile, pengoptimalan mobile experience website sangat penting dilakukan. 

Sejak tahap awal perancangan desain website, pendekatan copywriting, desain dan pengoptimalan konversi dari perspektif mobile harus sudah direncanakan. jika Anda ingin menarik perhatian dari audiens Anda, buat itu menjadi singkat dan sederhana.


Dari segi user experience (UX) website secara keseluruhan juga perlu dipertimbangkan. Untuk mempertahankan pengguna serta memaksimalkan jumlah konversi dan leads, perusahaan perlu memastikan bahwa konsumen dapat mencapai tempat yang mereka butuhkan dengan navigasi yang singkat dan sederhana.

 

5. Manfaatkan Strategi Content Marketing

Saat ini, konten menjadi suatu hal yang penting untuk menarik engagement audiens. Sama halnya dengan website, tanpa konten di dalamnya, website kurang memiliki value di mata konsumen. 

 

Jika ingin mendapatkan trafik, leads dan konversi bisnis lebih banyak dari website, Anda perlu melakukan strategi yang tepat, salah satunya dengan content marketing. Konten dapat mengarahkan trafik sebanyak mungkin dan mengonversi pengguna di situs web. 


Kunci sukses content marketing adalah menyediakan konten yang bermanfaat bagi audiens. Beberapa strategi konten yang bisa dimanfaatkan pada website seperti blog, video, eBook, podcast, unduhan PDF, dan sebagainya. Dengan strategi ini, bisnis dapat menyampaikan pesan dan menceritakan kisah dari brand secara konsisten, sambil menginspirasi konsumen untuk mengambil tindakan.

 

6. Mengoptimalkan SEO Website

Selain strategi pemasaran konten, cara yang efektif untuk dapat mengarahkan trafik ke situs web adalah melalui optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization. SEO merupakan serangkaian upaya untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, seperti Google misalnya.


Ada banyak aspek yang dilakukan untuk pengoptimalan SEO website. Mulai dari SEO on-page, off-page hingga technical SEO.  Di luar ketiga aspek tersebut, perusahaan juga perlu menjalankan strategi web development dengan cara  mengaudit situs kompetitor.

 

7. Debugging dan Quality Control

Melakukan pemantauan dan pemeliharaan secara rutin terhadap website tentu menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Debugging dan quality control memainkan peran yang penting dalam proses web development. 

 

Kesalahan seperti bug, gangguan pada sistem server dan hal-hal teknis lainnya memang tak bisa dihindari. Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan dan pemeliharaan yang rutin untuk menjaga kualitas performa website tetap maksimal. 


Bagi perusahaan, gunakan perangkat lunak yang memungkinkan seluruh tim bisa berkoordinasi dan mengakses file secara mandiri. Dengan begitu, penguji dan pengembang dapat mengedit dokumen secara bersamaan.

 

Kesimpulan 

Bagi Anda pemilik bisnis yang hendak meningkatkan brand awareness dan visibilitas perusahaan, strategi pengembangan website di atas dapat menjadi langkah yang tepat untuk membantu mensukseskan tujuan tersebut. Jika bisnis Anda belum memiliki website, segera rencanakan dan gunakan layanan techno center dari berijalan.